CV: Perkenalan

Tulisan kali ini akan membahas tentang Computer Vision (CV), bidang yang sangat luas dan dalam. Meskipun begitu, tujuan dari penulisan tutorial ini adalah mengenalkan apa itu computer vision melalui pemrograman langsung. Dari sekian banyak programming language, kenapa harus Python? Karena saya sedang belajar computer vision dan python sekaligus. Ga ada yang lebih efektif jika belajar teori sekalian praktek. Nah, karena ini membahas tentang Computer Vision maka bahasannya pun ga jauh-jauh dari Image dan Video (di sini saya akan banyak menggunakan kata-kata Bahasa Inggris supaya ga mengurangi makna aslinya. Pun saya rasa kadang penerjemahan ke Bahasa Indonesia malah membuat bingung).

Silakan baca apa itu computer vision: http://ardiwinahyu.blogspot.kr/2015/04/pengertian-computer-vision-dan.html (sekilas info saja, blog ini menyantumkan referensi wikipedia). Karena di tulisan ini saya akan lebih ke pemrograman, maka urusan teori ga akan terlalu banyak dibahas. Tapi jika dirasa perlu, akan saya jelaskan sepahamnya. Maklum, saya juga masih belajar.

Sumber referensi pemrograman: Programming Computer Vision with Python (pdf, codes, data bisa diunduh di sini http://programmingcomputervision.com)

Di sini Saya menggunakan OSX, Python 2.7,  Anaconda, Eclipse – PyDev, dan Jupyter Notebook.

Yuk, belajar bareng-bareng..

2 thoughts on “CV: Perkenalan

Leave a Reply

