Beli Handphone di Korea

Kali ini gw mau share tentang pengalaman beli hape + kontrak di Korea. Sebenarnya ini bukan kali pertama beli hape di korea. Bulan Nopember 2013 gw beli iPhone 5s dengan kontrak 2 tahun. Saat itu hape iPhones 5s harganya 680K won. Dapat diskon sekitar 200K won karena kontrak 2 tahun. 3 bulan di awal bayar sekitar 100K untuk pake 5GB (kalau ga salah ingat). Saat itu visa yang dipake adalah E7, jadi pihak Olleh (gw pake KT Olleh tanpa alasan kuat, cuman ngeliat teman-teman sekitaran pake Olleh. FYI, 3 provider besar di Korea adalah SK Telecom, KT Olleh, dan LG U+). Anyway, setelah 3 tahun memakai iPhone 5S dengan performa yang memuaskan, akhirnya gw memutuskan untuk ganti hape dengan alasan baterainya sudah bermasalah alias cepat habis. Namun, kontrak hape 2 tahun tidak memungkinkan dengan status sebagai mahasiswa (visa D-2). Sedangkan beli hape yang gw pengen harganya cukup mahal. iPhone 6s atau iPhone SE ga affordable buat kantong. Akhirnya gw putuskan untuk memilih Samsung atau LG. Hape tipe-tipe Xiomi, Oneplus, Zenfone(?) susah didapatkan di Korea. Kudu impor dari Indonesia.

Dengan niat ga mau ganti provider karena sudah pakai Olleh selama 3 tahun dan punya Egg (portable AP) yang belum tau cara stop nya, akhirnya gw melakukan kunjungan ke Olleh store. Hasilnya adalah dengan visa D2 gw bisa kontrak 2 tahun tetapi harus membayar harga hape di depan. Setelah melakukan investigasi selama 4 hari (thanks to my wife yang udah support dan mendengarkan keluhan suami yang ga kunjung selesai selama 4 hari hanya untuk sebuah hape) dan survey web Olleh, LG, baca review, nonton review di youtube, akhirnya gw memutuskan hape Samsung Galaxy A5 2016. Why? Harganya terjangkau, middle range handphone, tapi designnya kayak high-end device. Kombinasi yang bagus. Tapi kalau pun ga pilih A5, gw tertarik dengan J7 kayak punya istri.

Di Indonesia harga baru hape A5 adalah 4.7juta. Di Olleh website harganya 429K won. Lumayan. Nguras budget juga kalau mesti beli cash. Tapi dengan sistem kontrak 2 tahun, gw dapat diskon 227K untuk langganan paket 54K per bulan (6GB LTE data, unlimited voice + sms). Bayar hapenya 168K won. Wow pisan. Good deal nih gw pikir. Pas kunjungan ke Olleh store yang ada di kampus, mbak nya bilang kalau gw kudu bayar 202K. Mikir juga kan. Setengah harga, tapi gw mau nya 168K. Dengan niat nyari diskon, gw pun pergi ke toko lain yang kata google penjaga tokonya bisa Bahasa Inggris. Alhamdulillah, yang punya orangnya baik banget. Gw dikasih 168K seperti yang tertulis di Olleh web. Pas datanya diproses, gw dapat diskon lagi 36K won karena punya Olleh membership points. Untungnya setia pakai Olleh. Wow. Alhamdulillah pisan. Jadi total yang dibayar hanya 132K untuk device, casing transparent, anti gores, dan Xiomi powerbank 5000mAh. Yeayyy… Ini hape Android gw yang pertama. So far so good, GUI nya masih smooth dan ga ribet-ribet banget. Moga-moga awet dan berkah pake hape ini. Aamiin.

NB: foto hape dan review lain insyaAllah menyusul

Advertisements

15 thoughts on “Beli Handphone di Korea

  1. Foxybunny says:

    Mas mau tanya. Saya ada rencana untuk liburan ke korea 1minggu. Saat liburan tersebut saya ingin membeli handphone di sana. Tetapi saya takut jika tidak bisa di gunakaan saat sudah sampai di indonesia. Handphone tersebut bisa di gunakan untuk sim indo gak mas? Atau khusus pakai sim dari korea?

    1. thomhertsiadari says:

      Bisa pake sim indonesia asalkan belinya hape yg emang pake sim. Kadang di sni jg ada hape yg inject alias ga pake sim card.

  2. sorry… mau tanya nih. aku punya temen korea. dia bilang dia punya hape LG.(dy pake samsung skrg). dia bilang nih LG ga penah dipake karna beda provider beda dgn samsung yg skrg dia pake. kurang ngerti juga ya karna bahasa kita kan terbatas jd agak susah ngejelasinnya. sebelumnya dy juga cerita waktu dy masuk rumah sakit dy gabisa pake wifi rs karna beda provider sm yg dipake hp samsungnya. pertanyaannya kalo LG tsb sy ambil bawa ke indo. bisa dipake gak ya ? (dy bilangnya sih mw kasih sy). thank you

  3. Kalau beli iphone di Korea gak bisa ya sbg turis? Kebetulan 5s saya udah mangap dan cembung layarnya, udah mo rip segera keknya nih. Kebetulan april mo ke Korea, apa bisa saya as tourist beli iphone 7s disana? Adakah persyaratan yang harus dipenuhi? Tks u

      1. oh ya mas.. 1 lagi..
        buat beli handphone di korea, di daerah mana ya maaas?
        sekalian nama tempatnya kalo boleh.. 😀
        thank u lagi maas~~

      2. thomhertsiadari says:

        Bisa pakai CC tp itu tergantung merchants. Personally, ga recommended beli electronics gt pakai CC karena harganya jauh lebih mahal. Apalagi klo CC nya keluaran bank di Indonesia, ada charge macam2 misalnya perbedaan kurs dll.
        Biasanya bakal lebih murah klo belinya cash. Di pusat elektronik Yongsan misalnya, toko2 hanya menerima cash utk mengurangi potongan. Kadang juga kan CC suka bermasalah.

  4. abay says:

    untuk hape samsung apa yang lain. kalo mau make di indonesia ada persyaratan gak si pas mau beli dikoreanya.
    thanks

  5. ayu pratiwi says:

    Mau nanya, kebetulan teman saya mau ke Korea, dan saya ingin nitip beli laptop samsung, nah pertanyaan saya apa harga laptop Samsung disana lebih murah? Dan apakah saat pembelian harus Ada syarat dan ketentuan dan bisa dipakai di Indonesia?
    Terima kasih

    1. thomhertsiadari says:

      Untuk harga laptop kurang lebih sama aja. Harus pinter2 nyari tempat belanja. Kalau di Seoul, saya sarankan untuk ke daerah Yongsan.
      Syarat pembelian tidak ada dan pastinya laptop bisa dipakai di Indonesia. Yang perlu diperhatikan malah proses bea cukai pas dibawa ke Indonesia.
      So far, kalau mau aman, kotak laptopnya ditinggal aja. Jadi bawa laptop dan chargernya aja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s