Internet dot org

Angkat tangan bagi yang belum tau internet.org? Ayo ngaku! Well, mau angkatan atau ga bukan masalah. Yang jelas internet.org, sebuah project dari Facebook (yes, FB, that Facebook) ini sangat mulia dan keren, at least menurut gue. Untuk sementara mari dibuang jauh-jauh masalah konspirasi dibalik internet.org atau facebook, karena emang gue juga ga paham. Sekarang bahas yang positifnya aja.

Masih terkait dengan inclusive innovation (baca tulisan sebelumnya), menurut gue project internet.org ini bisa dikategorikan sebagai bagian dari inclusive innovation. Bro Mark Zuckerberg punya visi bahwa semua orang dan tempat di seluruh dunia bisa terkoneksi dan menikmati layanan internet tanpa terkecuali, terutama orang-orang yang kurang mampu di negara-negara terbelakang, dengan gratis atau setidaknya biaya yang lebih murah. Dengan adanya project ini, mungkin 5-10 tahun lagi seluruh dunia bisa saling terhubung. Orang-orang kurang mampu bisa menikmati layanan untuk pendidikan atau lainnya dengan lebih mudah. Proses inovasi pun bisa dilakukan dengan melibatkan orang-orang tsb. Misalnya petani, dengan terhubung ke internet bisa jadi mereka menemukan suatu metode atau teknik bertani yang lebih baik dan bisa diterapkan ke pekerjaan mereka. Inovasi-inovasi kecil yang bisa mendukung kemudahan kerja sehingga roda perekonomian bisa terus berjalan.

Inclusive innovation ini sangat dibutuhkan oleh orang-orang kurang mampu dan negara-negara terbelakang. Oleh karenanya, jika memungkinkan memang hasil riset bisa diterapkan untuk membantu mereka, dan masyarakat dunia bisa lebih concern dalam menyelesaikan ini. Hal yang sungguh menarik, moga-moga nanti gue bisa dapat ilmu lagi untuk dibagi disini. Jadi pengen kontribusi di internet.org 🙂

2 thoughts on “Internet dot org

Leave a comment