A Month

Ga terasa sudah 4 minggu menghabiskan waktu sebagai PhD student di UST ETRI. Gimana perasaannya? Anxious and nervous. Bidangnya cukup baru dan belum ada bimbingan yang signifikan dari babeh. Sebagai PhD student sejujurnya ga terlalu berharap ada bimbingan yang intensif. Everything is done by the student. It is a PhD student philosophy. However, I really need kind of constructive discussion. FYI, di team ini ada 9 orang yang terdiri dari 1 kepala team (babeh), 7 orang karyawan (5 PhD holders, 2 Masters), 2 orang mahasiswa (senior dan saya sendiri). Semua karyawan di tim ini gue panggil paksanim (dalam bahasa korea artinya Mr/Ms. Doctor). Secara garis besar nama timnya adalah Smart-work research section yang fokus risetnya adalah telepresence.  Dari telepresence project dibagi menjadi beberapa sub bidang yaitu network (server), PLR (packet loss recovery), audio processing, video processing, dan tele-experience. Tim ini terdiri dari sub tim kecil yang mengerjakan bidang-bidang tersebut: 2 orang fokus PLR, 2 orang network, 1 orang audio processing, 2 orang video processing & tele-experience. Nah, background gue sebenarnya wireless communication atau paling mepet bisa lah network atau PLR. Namun in my opinion, babeh recruited me to find a new topic in this team. Something that I haven’t found yet.

It has been just a month.
Emang proses studinya baru sebulan tapi gue merasa jalan di tempat. It is a dangerous situation dalam proses riset. Sehari-hari cuman baca paper. Read this and that topics. Berusaha mencari topik yang menarik dan futuristic. Tapi hasilnya masih nihil. Do I make a progress? Gue belum bisa jawab. Padahal tiap hari selalu menulis research note supaya tau apa yang dikerjakan. Sepertinya harus menggunakan metode yang berbeda. Selama sebulan ini berasanya tenaga terkuras tapi hasilnya ga maksimal. Pernah mengalami hal yang sama ga? Pulang kerja rasanya capek banget tapi pas dilihat hasil kerjaan ya ga seberapa. It stresses me out. As I ever wrote: PhD is my last formal education process. I want to make it meaningful and unforgetful.

What’s the plan?
Menurut gue hal yang harus dilakukan sekarang adalah diskusi dengan babeh dan memutuskan arah riset yang sesuai dengan team’s goal. I already made a table about research direction with pros and cons. And now it is time to share this with babeh. Wish me luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s