Opung

Entah gimana dulu gw dididik oleh kedua orang tua, intinya gw dan opung (sebutan kakek nenek suku Batak) hanya 2 atau 3 kali bertemu sepanjang hidup gw. Nelpon? Bisa dihitung setahun berapa kali. Apakah gw cucu tidak berbakti? Gw rasa tidak. Ada banyak faktor yang menyebabkan gw dan opung sangat jarang berkomunikasi. Jelas karena faktor jarak. Opung tinggal di kampung, Habatu, Siantar, Sumatera Utara. Gw? Dari kecil sampai SMA ada di Kalimantan Selatan. Zaman gw kecil tiket pesawat sangat mahal. Gw pernah ke kampung di tahun 2000. Semua perjalanan di tempuh berhari/hari. Mulai dari Kotabaru ke Surabaya naik kapal. Dari Surabaya ke Jakarta naik mobil travel dilanjutkan naik kapal ke Medan (lupa nama pelabuhannya). Dari pelabuhan dilanjutkan naik bus ke kampung. Panjang kan? Seingat gw, perjalanan ini lebih dari 4 hari dari Kotabaru sampai kampung. Kesimpulannya: jauh. Zaman sekarang ada pesawat tapi… Ya sudah lah. Gw sekarang ada di Korea.
Faktor lain kenapa gw sangat jarang bertemu dengan Opung adalah faktor keluarga. Persoalan keluarga gw Papi-Mama-Opung-gw, itu kompleks. Salah satunya faktor agama. Pengen tau? Nanti aja gw ceritakan. Tapi walau pun gw jauh dan jarang bertemu, ketika gw nelpon dan dapat kabar kalau Opung lagi sakit, gw merasa prihatin. Ah, Opung, sudah setua itu ternyata tapi masalah hidup masih aja ada. Kenapa anak-anaknya masih aja memberikan masalah di hari tuanya? Apa salah Opung? Apa Opung salah mendidik anaknya? Gw ga bisa judging. Gw juga ga menyalahkan Opung atau anak-anaknya. Gw hanya berharap, gw bisa bertemu Opung suatu saat nanti. Opung yang tadi gw telpon dan bilang “Opung sudah ga bisa melihat, cuman samar-samar. Umur Opung sudah 75. Ade kapan pulang kampung? Semoga Opung sehat ya, jadi bisa ketemu” Ya, walau pun gw jarang bertemu dan berkomunikasi, Opung tetap lah Opung gw. Opung, ibu dari Papi.

3 thoughts on “Opung

    1. thomhertsiadari says:

      Hehe.. Semoga di hari tua nanti masing2 dari kita punya anak dan cucu sholeh sholehah ya. Jadi kita ga sibuk dgn masalah tapi sibuk dgn kegiatan yg bermanfaat utk ummat dan menambah pundi2 kebaikan ^^

Leave a Reply

