Perpanjang Visa E-7

Tanggal 23 September lalu gw asli riweuh dari pagi sampe sore. Sebenarnya gw ga terlalu panik, hanya mencoba untuk tenang dalam memikirkan hal ini: memperpanjang visa. Jujur aja, masa aktif visa gw cuman sampai 24 September. Jadi 2 hari sebelum gw menjadi ilegal, gw baru memperpanjang visa. Riskan banget kan? Tapi itulah keadaannya. Ini terjadi bukan karena gw yang mau menunda-nunda, tapi emang syarat memperpanjang visa itu butuh bantuan boss gw. Jadi kombinasi syarat yang gw siapin secara pribadi dan dari boss. Boss gw yang super sibuk mengakibatkan syarat yang dibutuhkan ga gw dapat-dapat. *kesannya nyalahin bos* Tapi ga juga sih, gw emang masih setengah-setengah mau memperpanjang visa atau ga. Nah, sejauh ingatan, ini syarat-syarat yang diperlukan untuk memperpanjang visa E-7:

  1. Formulir (tersedia di immigration office. Tinggal ambil dan isi. Centang bagian extension)
  2. Alien Registration Card asli
  3. Passport
  4. Bukti pajak (ini didapat dari http://www.nts.go.kr)
  5. Surat bukti pajak dari perusahaan (minta sama HR atau boss langsung. Jangan lupa dicap. Pas kunjungan pertama itu gw ga pake cap. Disuruh balik lagi. Tapi emang ada syarat lain yang juga kurang)
  6. Surat kontrak kerja (minta kantor. kudu detail dengan gaji dan sampe berlaku kapan)
  7. List pegawai di kantor (minta kantor)
  8. Bukti tempat tinggal. Kalau apateu-nya nyewa sendiri bawa aja surat kontraknya. Kalau misalnya kontrak atas nama orang lain maka orang tersebut harus tanda tangan dengan form no. 5. Form nomor 5 ini bisa diambil di kantor imigrasi.
  9. Uang KRW 60,000. Tahun lalu cuman 30,000 namun sejak 1 Januari 2014, semua harga visa naik 2x lipat. Wow banget.

Dari 9 syarat ini, nomor 4, 5, dan 6 disediakan kantor sedangkan syarat lainnya dipersiapakn sendiri. Syarat nomor 3 itu yang paling sulit. Perlu mencetak form dari website NTS. Gw sendiri dibantu oleh workmate yang native korean.

Proses perpanjangan visa hanya memakan waktu sekitar 20 menit (di luar proses antrian yang mungkin bisa berjam-jam. Tergantung banyaknya orang yang ngantri). Ga butuh waktu lama karena imigrasi hanya perlu mencetak perpanjangan periode aktif di bagian belakang kartu. Well, harus persiapan mental kalau petugas imigrasinya ga ramah dan jarang senyum. No expression. Kalaupun ada ekspresi, mereka nampak galak. Finally, gw masih bisa tinggal secara legal setahun ke depan. Please, be nice ya Korea!

Leave a Reply

