Kinerja Menteri

Jeng jeng jeng.. Gw terlibat diskusi facebook tentang menkominfo dan PKS. Hahay. Maklum ini menteri emang banyak kontroversialnya. Emang sisi kontroversi akan lebih  banyak digunjingkan daripada sisi prestasinya. Kali ini masalah vimeo yang ga bisa diakses dari Indonesia. Akibatnya banyak para pekerja IT yang kehilangan (atau berkurang) mata pencahariannya, project terhambat, dan lain sebagainya dengan indikasi negatif. Honestly gw bukan pengguna vimeo jadi gw ga pernah tau contents apa aja terus gimana manfaatnya, bla bla bla. Intinya gw orang awam dalam melihat permasalahan ini.

Dari sekian banyak orang yang membahas tentang pemblokiran situs vimeo, ada dua orang yang gw pikir cukup berpendidikan (secara pake gelar S2 dari luar negeri lagi) tapi nulis status FB nya kok begitu. Yang 1 nulis kayak  uneducated people, yang 1 syukurnya biasa aja. Letak persoalannya simple, vimeo diblokir, yang disalahkan menteri dan partai si menteri. Karena katanya pas periode menteri sebelumnya ga ada tuh blokir-blokiran website kayak sekarang. Does it make sense? Make sense sih, secara menteri kan pimpinan tertinggi di kementeriannya. Apa-apa yang jadi kesalahan kementerian ya salah si menteri. Lalu kenapa partainya juga diseret-seret? Ya kan si menteri dari partai itu. Jadi ya partainya salah. Ok. Well-said, di negara gw emang paling gampang men-generalisasi berbagai hal. Mari gw kasih contoh yang menurut gw logikanya sama.

Warga negara asing dari negara A tinggal di Indonesia sejak tahun 2000 sampai 2004. Disini Indonesia diperintah oleh dua presiden yang berbeda. Lalu si WNA ini terkena musibah kecelakan atau apalah yang yang merugikan WNA. Apa lalu disebut ini gara-gara presidennya? Terus apa wajar kalau negara A ini lalu bilang ini karena presidennya? Lalu bilang orang indonesia itu ga ramah? Lalu mengecap semua orang Indonesia jahat? Mungkin contohnya lebay ya namun agak mirip ya. Kenyataannya memang akan sulit jika terlibat dalam sebuah sistem. Bayangkan aja, mungkin ada bagian khusus yang menangani pemblokiran situs, lalu ada kepalanya, pimpinan bidangnya, dll, sebenarnya agak kurang tepat jika langsung menjudge ke menterinya. Tapi ya sulit, it’s a culture. Sama seperti negara-negara timur lain, yang jika ada apa-apa maka menterinya akan mengundurkan diri. Kalau di Indonesia, masalah vimeo ini aja bisa membuat menteri dihujat habis-habisan. Fyuh.

Dari diskusi gw di facebook tsb, yang punya status lalu menyarankan agar menterinya dari kalangan professional saja. Nah ternyata menteri periode sebelumnya berasal dari kalangan professional (non partai) bahkan dari akademisi (mantan rektor salah satu kampus besar). Usut punya usut, gw mencari laporan singkat perbandingan kinerja kementerian ketika dipimpin dua menteri yang berbeda. Tujuannya jelas, apa iya professional dan orang non partai efeknya siginifikan? Menurut gw, asal orangnya tepat, mau orang partai atau bukan, ga akan jadi masalah. Namun apa daya, gw ga menemukan laporannya. Padahal gw yakin pasti presiden atau staf dibawahnya punya laporan ini. Namun entah mengapa laporan ini ga ada yang sederhana sehingga mudah dipahami oleh masyarakat. To make it clear, gw belum nemu laporannya. Asumsi gw laporan itu ada tapi pasti tebal kayak buku. Please correct me if I am wrong, yang meng-assess menteri dan kementerian itu presiden kan? Bukan DPR?

Dari proses pencarian data yang hasilnya nihil, gw menyarankan agar pemerintah membuat website yang bersifat umum dan bisa menampilkan hasil penilaian kinerja kementerian dan menterinya setiap tahun. Ga apa lah kalau ganti presiden atau bahkan kementeriannya dihapuskan, tapi laporan ini harus tetap ada. Ribet ya sistemnya karena emang menteri ini semau-maunya presiden. Begitupun dengan pembentukan kementerian. Kebayang juga budget yang dikeluarkan untuk merombak kementerian jika nama dan status kementeriannya berubah setiap akhir pemilu. Yang membuat gw penasaran, masa iya ga ada bukti tertulis tentang kinerja kementerian? Hasil evaluasi ini kan sangat berguna untuk langkah ke depan. Semoga ada ya. Kalau ada bisa give it to me. Penasaran pengen baca ^^ Mari berdoa semoga negara gw bisa lebih baik lagi ke depannya. Aamiin.

3 thoughts on “Kinerja Menteri

  1. siapa thom? initial AM ya? hahaha. Vimeo dblokir yg dsalahin mentrinya.. siapa yg ngangkat jd mentri ? Presiden.. Seharusnya presiden yg salah… Presiden dipilih siapa ? Rakyat.. dya presiden terpilih.. berarti yg salah rakyatnya.. Siapa yg jadikan mereka rakyat indonesia ? Proklamator.. Soekarno.. berarti Soekarno yg salah.. wkwkwk

Leave a Reply

