Know When to Stop is Important

A friend of mine has ever told me “You have to know when you have stop. It doesn’t mean you are bad, you are weak, or you are a loser, but it means you know your limit”. Kurang lebih kata-kata teman gw begitu pas lagi kuliah dan riset bareng dua tahunan yang lalu, saat masih sama-sama di lab, saat sama-sama bersusah payah untuk lulus dan tergopoh-gopoh untuk melawan rasa malas. Dan gw masih ingat kata-kata itu, crystal clear dalam memory gw.

Kepala gw pusing, kayaknya asam lambung meningkat dah. Obat maag udah juga gw makan tadi siang. Gejala maag ini sudah kerasa sejak malam tadi, ketika gw skip dinner (makan nasi) dan memutuskan makan buah plus teh tarik sachet. Kayaknya teh tarik sachet dah yang bikin perut bergejolak tapi gw tetap menahan diri untuk makan. Alasannya simple: gw ga begitu lapar dan coba mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Semalam gejalanya agak berkurang setelah makan obat maag cair namun siang ini kembali kambuh.

Alkisah pagi tadi gw memutuskan untuk sarapan buah dan nasi. Gw curiga nasi ini lah yang bikin maag kambuh. Bukan karena nasinya tapi karena terlalu banyak yang masuk ke perut pagi-pagi. Padahal porsinya udah gw bikin setengah dari porsi wajar gw makan. Tapi tetap aja berefek significant. Hasilnya BAB jadi terlambat. Hal ini diperparah denga kebiasaan gw minum americano plus sedikit cream pas pagi-pagi. Perut berasa ga enak. Setelah lunch baru gw berhasil ke belakang mengeluarkan sampah-sampah perut. Efeknya? Maag gw kumat. Komplit. Buru-buru makan obat maag lagi namun sampai sekarang efeknya masih ada. Kepala gw agak tegang.

Sore-sore gini secangkir kopi hangat begitu menggoda. Gw hampir menyeduh a cup of coffee tapi gw ingat limit. Limit yang gw bilang tadi, bukan berarti menyerah tapi tau batas ketahanan perut sendiri. Dengan terpaksa gw tahan diri untuk ga minum kopi. Ini hanya sebagian kecil dari know when to stop. To be honest, I have another story about knowing when to stop. Soon. Very soon, gw akan ceritakan.

2 thoughts on “Know When to Stop is Important

Leave a Reply

