City to Live in

Masih sangat ingat dulu pas awal masuk kuliah diploma di STT Telkom (now,Telkom University), gw bercita-cita pengen kerja di Singtel (Singapore Telecom). Sebuah mimpi anak muda yang ngasal, cuman melihat keindahan kerja di salah satu perusahaan ternama di Asia. Sudah tercapai? Belum. Waktu terus bergulir sampai akhirnya gw pernah “pengen” kerta di SK Telecom atau Korea Telecom atau Google. Mimpi gw ternyata banyak. Gw juga pernah pengen kerja di bank internasional yang beroperasi di Hongkong. Entah bank apa, tapi yang skala internasional dan di Hongkong. Kenapa Hongkong? Karena Hongkong kota bisnis di Asia. Pas gw kerja di Nielsen dan baca bukunya Pak Iwan Setiawan (9 Summers 10 Autumns), seriously gw pengen kerja di NYC. Mimpi gw cukup besar ternyata. Macam-macam kan mimpi gw? Banyak kan? Yes, banyak. Gw emang cukup delusional.

Dari sekian banyak keinginan yang gw tuliskan, tergambar cukup jelas kalau orientasi gw adalah luar negeri dan kota besar. Untuk luar negeri tercapai dengan gw kuliah S2 dan lanjut bekerja di Korea saat ini. Siapa yang menyangka gw anak ingusan kurus rada-rada penyakitan pas kecil bisa tinggal di negara asing cukup jauh dari kota kelahiran. Future is indeed unpredictable. But I made it kan? Gw bisa tinggal di luar negeri sekarang dan mimpi-mimpi gw belum berakhir walaupun kadang gw lupa sendiri. 😆

Untuk tinggal di kota besar, entah kenapa keinginan itu masih sangat besar membakar dada gw. I am still young though (hahay). Masih bisa eksplorasi lebih banyak. London, Berlin, NYC, Seoul, Tokyo. Kayaknya kota-kota tsb asik untuk ditinggali. Untuk Seoul, sebenarnya gw udah agak tau gimana padatnya itu kota. Sometimes Seoul ga bersahabat. Tokyo, I’ve been there once. Magis lah ini kota. Tapi mahalnya ga nahan. Tokyo tuh padat, elegen, dan sibuk. Bahasanya aja sih yang rewel gw ga paham. Dan kebetulan gw datang pas Spring, jadi udaranya enak banget. London dan Berlin belum tau rasanya. I need to come there first. Hehe.

Buat gw, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab nyamannya sebuah kota untuk ditinggali. Pertama, sistem transportasi. Mudahnya sistem transportasi umum seperti bus dan subway adalah hal yang sangat penting. I don’t want to spend my time on the road. Capek dan buang-buang waktu. Let’s say kalo skg masih ok karena gw single dan jauh dari keluarga. Tapi nanti ketika gw berkeluarga, masa iya gw mau berangkat subuh pulang malam. No time buat keluarga. Big no. Berdo’a yang banyak semoga gw terhindar dari musibah ini.

Faktor kedua adalah keamanan. Seoul dan Tokyo adalah dua kota yang gw anggap aman. Jalan tengah malam berasa ga ada yang mengintai. Gw pernah bermalam di stasiun kereta api dan ga apa-apa tuh. Ga khawatir ada yang malak atau ngejambret barang bawaan. Ketiga, tujuan dan kegiatan usaha/bisnis/pekerjaan. Ga bisa dipungkiri kalau faktor pekerjaan mempengaruhi dalam milih kota. Tapi logikanya juga bisa dibalik kok. Pilih kota dulu baru nyari pekerjaan yang cocok.

Apakah ada di Indonesia yang masuk kategori ini? Yang jelas bukan Jakarta. Mungkin bisa Bandung, Solo, atau Banjarmasin (gw dari Banjarmasin, so masih ada pikiran untuk mudik). Gw ga akan bahasa Bandung atau Solo, tapi Banjarmasin. Masih banyak hal yang bisa digali dari kota ini. Dan masih banyak hal yang harus diperbaharui sebelum terlambat. Gw ga mau Banjarmasin jadi kota amburadul macam Jakarta. The possibility of Banjarmasin to get bigger is certain. Jadi yang mengelola harus lah orang-orang yang paham betul bagaimana cara membuat kota ini berkembang dengan baik dari segala aspek. Gw yakin bisa kok karena gw akan kembali (hahay) dan ikut berkontribusi. Aamiinin aja yey.

Itu tadi pendapat gw, gimana pendapat lo, which city do you prefer to live in? Share ya!

2 thoughts on “City to Live in

  1. Kalo ane tinggal di kota, pengennya di apartemen lantai 27 :D.. trus kota itu kota metropolitan yang sedikit polusi udara dan suara. Orang-orangnya banyak dan sopan. kira2 dimana ya ?

Leave a Reply

