If I Have Free Time, What Language that I Should Learn

Yes banget judulnya, If I Have Free Time, What Language that I Should Learn? Ketika gw mendengar language, maka ada 2 hal yang terbersit dalam pikiran gw. Programming language and “normal real” language. Kalau ngomongin programming language tentu saja terkait dengan urusan computer or application. Nah, kalau normal language itu tentang bahasa manusia misal English, Indonesian, French, etc. Untuk kali ini gw akan bahas tentang programming language.

I am an engineer. What kind of engineer? People may get confused kalo gw bilang I am an engineer. Computer engineer? Nope. Electrical engineer? Big no. Telecommunication engineer? Maybe. Software engineer? Not really. Hardware engineer? Hmm, difficult. So what engineer am I? Gw aja susah ngejelasinnya. Dulu pas gw D3 di IT Telkom, proyek akhir yang ditulis membahas tentang networking dan video streaming. Lanjut S1 extension, gw diluluskan dengan menulis tentang WiMAX. Selama S2 gw bahas tentang wireless communication. Nah, untuk kerja sekarang gw bahas tentang industrial wireless communication. Gw belajar bahasa pemrogramman sendiri. Dulu pernah nyentuh PHP pas D3, udah lama ga disentuh jadinya lupa gimana rasa sentuhannya *cih* S1 gw belajar sedikit tentang matlab. Pas S2, gw bergumul dengan matlab untuk menulis paper dan riset. Sekarang kerja gw dituntut bisa bahasa C++. Gosh. Gw merasa terlambat sebenarnya, tapi ya sudah lah. C++ lebih baik daripada ga belajar sama sekali.

So, apa yang pengen gw pelajari sekarang? C++ is a must. Ga boleh enggak, itu harus dikuasai. Selain itu? I am really into apple apps. Really. Gw menyukai aplikasi yang elegant. Gw bisa menilai dan merasakan aplikasi yang cupu dan ga user friendly. Jadi gw mau belajar Objective-C? No. I don’t have macbook or iMac. Sebenarnya gw lebih pengen belajar tentang web dan android apps ( I hate Android yet I need it because people are accustomed to it). Web? Gw berasa kalau dengan menguasai web, I can survive more di tahun-tahun ke depan. Tapi mulai dari awal lagi dong? *fiuuuhhh* *tarik nafas dalam-dalam*

Berhubung sekarang udah banyak framework (apa itu framework, monggo dicari-cari dulu) jadi harusnya ga terlalu susah belajarnya. Dulu gw harus ngoding dari awal untuk bikin web cupu buku tamu doang! Pake nangis darah segala lah untuk ngerjain tugas besar pemrograman. Ntar gw coba cari-cari dulu deh framework yang cocok. Sebelum itu, kayaknya laptop gw perlu diupgrade. Lemotnya na’udzubillah -_-a Kalo gw udah memutuskan framework apa yang akan dipake, ntar gw share kok ^^

4 thoughts on “If I Have Free Time, What Language that I Should Learn

Leave a Reply

