Pindah Negara

Gw pernah cerita belum kalau selain Korea, gw dulu menargetkan kuliah di Germany? Nah, jadi ada 2 negara tujuan kuliah yang ditulis dalam bucket list pribadi. Korea and Germany. Entah gimana ceritanya kalau gw jadi ke Germany ya? Haha. Even gw pernah ngambil les dan tes Bahasa Jerman, A1. Wuih. Niat men. Gw dulu niat banget pengen ke Jerman.

A couple days ago, I had chatting with my junior. He studies in Germany. Lupa nama kampusnya tapi gw sempat cerita-cerita dengan dia. Bentar. Dia lah yang bercerita kehidupannya di Berlin. Gw sih nanya-nanya sana sini doang. Dari hasil obrolan singkat tadi, gw baru tau kalau Berlin adalah salah satu kota paling murah di Germany. Kirain tuh ini kota selevel dengan Frankfurt atau Munich. Ternyata oh ternyata, kotanya murah. So bisa ditebak kalau biaya hidup cukup murah. Dia bilang nyari kerja part-time cukup mudah dan hasilnya lumayan. Bisa surplus lah. Ditambah pengeluaran dia paling-paling 600 Euro per bulan. Dari obrolan ini, harapan dan mimpi ke German muncul lagi. Selain cukup murah, bisa nyari duit agak mudah, dan bisa sekolah. Ih, apalagi kalau bisa bawa pasangan. Hahay. Indah deh. Should I move dari negara kimchi ini ke negara Hitler sana? ^^

Leave a Reply

