Tanya Terus

Keep asking alias tanya terus, mungkin kata-kata yang tepat untuk menjelaskan bagaimana otak gw bekerja. Yes, ini sudah bulan February dan bersiap-siap lah gw memikirkan masa depan lanjutan fase professional. Apakah gw akan bertahan di kantor sekarang? Apakah gw perlu mencari pekerjaan baru? Kalau perlu, kapan mulai mencari dan perusahaan apa? Apakah masih di Korea atau kembali ke tanah air? Atau sebaiknya gw kuliah lagi? Jurusan apa ya? Negara mana? PhD atau ambil MBA aja? Surat rekomendasinya gimana? Kalau minta boss, apa tanggapannya? Dan segala rentetan pertanyaan lainnya. Penuh ini otak dengan pertanyaan-pertanyaan ga penting yang sebenarnya ga ada jawaban pastinya. Right? It’s future, dude! Siapa yang tau? Cuman Dia yang tau! Tapi kenapa pikiran gw selalu bertanya-tanya apa sebaiknya yang gw lakuin.

Jelas bukan kenapa judul tulisannya tanya terus. Well, one thing yang harus digaris bawahi, ini bukan karena gw ga yakin akan masa depan. I believe in HIM. For sure. Tapi kan ikhtiar dan planning tetap gw yang bikin, biar DIA yang decide apakah A, B, atau C yang cocok. Bahkan ga mustahil A, B, C itu semuanya dikasih. Tuh,  ntar malah pertanyaan berikutnya adalah bagaimana cara memilihnya. I try to calm down here. Bahkan pada stage dimana gw sudah M.Eng pun, kegalauan riset dan tujuan sekolah kadang masih bingung. At least, kalau gw mau lanjut PhD, udah ada syarat yang dipegang. Interest? Ada banyak. Tinggal skill dan proof yang kurang. Akhirnya gw memahami, memutuskan untuk PhD atau ga itu sulit kawan. 4-5 tahun riset bukan hal yang mudah. Camkan itu sebelum melangkah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s