Kopikami 1: A Twosome Place Cafe

Ini postingan pertama gw di blog keroyokan bertema kopi. That’s why judulnya ada kopikami-nya. Berhubung pertama, maka gw akan berkenalan dulu kenapa kami membuat blog ini. Gw menawarkan ide sederhana untuk menulis petualangan mengunjungi coffee shops dan cafe kemana pun kaki ini melangkah (dalam pikiran gue, coffee shops dan cafe itu berbeda. Padahal cafe berasal dari bahasa Perancis yang artinya coffee. Coffee shops itu yang beneran jualan kopi, ada baristanya. Cafe disini maksud gue adalah tempat jual minuman. Let’s say Starbucks ada coffee shops tapi Talkholic adalah cafe. Bingung kan? Biarkan gue dengan definisi ini for time being). Kunjungan ngopi ini boleh di kota-kota di Indonesia atau di luar negeri, yang penting ada kopinya maka bisa dibuat tulisan dan dipost disini. Idenya diperoleh dengan sangat random setelah melihat retweet dari @KartuPos tentang @elatlboy. Intinya si @elatlboy ini bertekad mengunjungi 100 coffee shop / cafe dan mengupload foto “segelas kopi”-nya lewat instagram dan blognya. This goal dia buat tahun 2013 lalu, and he made it. Awesome! Saking terbiusnya dengan ide tsb, jadilah gw menghasut teman-teman gw untuk melakukan hal yang sama, walau tanpa ada target jumlah coffee shopnya.

Kunjungan pertama gue adalah A Twosome Place, sebuah cafe chain cukup terkenal seantero Korea. Tau sendiri orang Korea suka banget nongkrong di cafe makanya ga heran banyak cafe disini. Nah, rencana awal emang sebaiknya di blog ini ga menuliskan tentang cafe atau coffee shop waralaba, tapi apa boleh buat, godaan cafe ini luar biasa besar. Tepat December 31, 2013 gue mengunjungi cafe ini. Kebetulan dekat kosan, jadi cukup reachable. Kebetulan yang lain adalah teman sekosan ngajak ngafe. Pas banget karena dari dulu pengen nyoba rasa kopi-nya.

IMG_0835

Dari segi tempat, gue cukup suka dengan cafe ini. Dari luar nampak elegant dan neat. Tertutup. Kesannya emang “mahal”. Jadi kalau mau masuk udah harus siap dengan berapa pun harga minuman dan makanannya. Menurut gue, franchise cafe kayak gini ga akan terlalu mahal kok, pasti masih masuk akal harga yang ditawarkan. Awalnya gue pikir cafe ini kecil, ga disangka bentuk ruangan dalamnya agak memanjang dan melebar di bagian belakang. Kalau dikira-kira, mungkin bisa menampung lebih dari 50 orang secara bersamaan. Dindingnya didekor dengan nuansa hitam hampir seluruh ruangan.

IMG_0825

Setting duduknya ada yang dibuat berdua, berempat, dan lebih dari empat (group). Pencahayaan karena malam jadinya cukup remang. Suasananya cukup cozy karena bersih. Yang paling special dari dekorasi cafenya adalah tulisan coffee tree dan ada proyektornya. Kebayang bisa dibikin untuk seminar kecil.

IMG_0839

Sekarang giliran taste. Rencana awal gue mau nyobain kopi paling unik tapi apa daya akhirnya gue tetap berlabuh pada segelas vanilla latte. Menu kopinya standard. Oh iya, ada menu “today coffee” tapi entah kenapa pas malam itu menu ini ga disediakan.

IMG_0801

Rasanya enak-enak aja. Gue masih merasa ini kopi rasanya enak dan no complaint. Harga yang ditawarkan affordable, 5500 untuk large size vanilla latte. Rasa bersaing lah. Recommended. Tingkat kepuasan pelanggan gue kasih 7.5 of 10. Manisnya ga terlalu dan taste kopinya masih ada. Pas. Not too bitter not too sweet. My style deh. Selain ngejual minuman, they provide cakes juga. Berhubung gue cukup kenyang saat itu, jadinya ga beli. Cukup fotonya saja 🙂

IMG_0816

IMG_0830

Ga pas rasanya kalau ga ngomongin kekurangannya. Yang paling ketara adalah berisik. Group people bisa ketawa haha-hihi dengan bebas ga ada yang ngelarang. Selain dari berisik, I am okay with all. Cukup sekian dan terima kasih. Tulisan ini juiga dipost di kopikami. ^_^

Leave a Reply

