Workplace 5: Pindahan

Setelah berusaha mengelompokkan setiap tulisan tentang workplace dengan judul sama tapi ditambahi angka sebagai urutan chapternya, kali ini gw tambahkan sedikit tema di dalamnya. Berarti ke depannya format penulisan judul adalah Workplace “chapter” “theme”. What a great idea. 😆

Yes. Kantor gw pindahan dari Jangdae-dong area ke Techno World lantai 8. Semoga aja ini bagian dari hijrah. Artinya pindah menuju lebih baik. Kurang tau jelas alasan pindahnya kenapa, namun yang paling jelas alasan si boss mindahin kantor adalah kontrak ruangan habis (Ahhh, jadi ragu, karena he could break the contract. It is just the matter of pinalty) dan perlu ruangan yang lebih besar.

My company (not mine but a place that  I work in) baru dapat budget dari pemerintah Korea sebesar 200 million won. Dana yang lumayan besar buat gw. Duit itu lah yang nampaknya dipakai untuk bayar kantor baru. FYI, sewa kantor/apartment di Korea itu sistemnya berbeda dengan di Indonesia. A bit different. Not only pay for monthly rent free, but also put a deposit. Deposit ini yang bikin nyekek leher. Makin gede depositnya, makin kecil biaya bulannya. Biasanya kontraknya per tahun dan di akhir kontrak uang deposit tadi dikembalikan pada si penyewa. Apartment One room gw, bayar per bulannya 280,000 KRW diluar listrik dan gas, depositnya 2 million KRW. Kebayang ini kantor, bisa-bisa sampai 50 million KRW dana depositnya. Dan gw ga tau bayar bulanannya berapa disini ditambah haha hihi lainnya seperti electricity, gas, beverage, etc.

Pindahan gives both pros and cons. Let’s start with cons first: gw mesti bangun lebih pagi 😆 dan naik bus about 25 minutes. Oh iya, naik bus kan mesti bayar, jadi pengeluaran bulanan gw jadi naik 😆 Selain itu juga gw sering mual kalau naik bus yang jalannya ga lurus dan mulus. In other hands, positive points nya adalah tempatnya jadi lebih luas, gw sekarang punya cubical sendiri, menu makan siang jadi lebih variatif karena resto nya jual banyak jenis sup, ada alasan ga lembur karena harus pulang naik bus, dan yang terpenting jadi ga ngebosenin karena bisa ketemu banyak orang di lokasi lain serta pemandangan sekitar seperti lampu-lampu bangunan pas malam, gunung pas daylight.

Harapan gw dengan pindahan ini adalah semakin majunya perusahaan, semakin lancar dan produktif kerja gw, semakin beriman dan bertakwa, dan semakin yang baik-baik saja 🙂 Aamiin.

Cheers!
Thomhert

Leave a Reply

