Ten challenges the international IoT community needs to master

Judul asli diambil dari (1) (2).
Akhir-akhir ini gw sangat penasaran dengan yang namanya IoT, Internet of Things. Yeap, gw melihat banyaknya opportunities di bidang ini. Selain emang posisi gw sebagai engineer, gw tertarik mempelajari bagaimana kesempatan bisnis di bidang ini. Bagi yang belum tau apa itu IoT, bisa dibaca disini.  Simply explaining sih, Internet of Things adalah ketika berbagai macam devices terhubung ke internet tanpa diatur oleh manusia. Si device ini udah pintar dan canggih banget lah.

Sedikit keterkaitan dengan kerjaan gw sekarang bidang industrial wireless, jadi nantinya apa yang gw kerjakan akan diimplementasikan di heavy industry. Misalnya di area tambang akan dipasang sensor, nah data-data sensor ini akan dikirim melalui wireless ke gateway. Dari gateway akan ditransfer ke center sehingga si punya tambang bisa tau keadaan di lapangan. Tipe wireless yang dipakai untuk bidang ini yaitu WirelessHART dan ISA100. Begitu cerita.

The-Internet-of-Things-Infographic

Jika dikaitkan dengan IoT, maka sebenarnya apa yang gw kerjakan juga bisa dihubungkan dengan IoT. Secara personal, gw tertarik dibidang home automation, intelligent system, dan small cell. Seadainya gw punya rumah, gw pengen desain minimalis dan menggunakan devices yang terhubung ke internet agar bisa mengontrol kondisi rumah. Kebayangkan praktisnya? Namun di lain pihak, faktor kemalasan manusia juga bisa semakin meningkat. Hal ini yang gw takutkan. Malas dan tidak bergerak. Akhirnya mengganggu kesehatan. Emang teknologi ibarat 2 mata pisau.

Lalu apa saja yang menjadi tantangan dari IoT ini, setidaknya berdasarkan articles di awal tulisan ada 10 macam:

  1. Robust Connectivity
  2. Usable Security
  3. Big Data
  4. Big Codes
  5. Information Models
  6. Governance
  7. Accountability
  8. Open X
  9. Business Models
  10. Business Ecosystems

Cerita bersambung ya, nanti gw jelasin 10 faktor ini 🙂

References:

*Gambar:  http://www.kurzweilai.net/2013-m2m-internet-of-things-global-summit

Leave a Reply

