Hobby

Kalau sudah yang namanya hobi, berapa harganya pun udah ga jadi pikiran; Semisal ada duitnya. Kemarin malam melihat daftar harga kamera di beberapa website. Wuih, ada yang kamera harganya sampai ratusan juta. Ga tanggung-tanggung, ada yang 200-300 juta rupiah. What thee… Terdiam sejenak.

Buat orang-orang yang bukan maniak fotografi pasti menilai mending beli rumah dengan uang segitu. Ya kan? Dan aku termasuk di dalamnya. Gila aja. Mending beli rumah deh. Itu dalam pikiranku dan ga mau menyalahkan orang-orang yang pendapatnya berbeda. That’s your hobby, not mine.

Berbeda lagi dengan orang yang suka traveling. Ada tiket promo, langsung dibooked. Ga tau duit lagi ada atau enggak, ga tau nanti bayar trip pakai apa. Pokoknya beli tiket dulu. Masalah biaya belakangan. Ngutang juga ga apa-apa. Personally I love traveling tapi bukan sekarang. Tiket pesawat dari Korea itu mahal cuy. Paling murah aja ke Jepang kayaknya $200. Not that expensive but not cheap either buatku yang bergaji pas-pasan ini. Ditambah belum adanya “teman” untuk jalan-jalan. Rasanya hambar aja. Sekali lagi, aku ga menyalahkan. Life is a choice. That is your hobby.

Belajar dari beberapa orang teman. Mulai dari yang doyan photography, traveling, drinking coffee, sebenarnya aku menemukan diriku di setiap irisannya. Hanya saja, aku masih membatasi diri untuk tidak “menjiwai” seluruhnya. Belum all out. Misalnya saja masalah traveling. Aku suka jalan-jalan tapi belum bisa melaksanakannya jika harus mengorbankan kepentingan lain. Aku suka melihat hasil gambar yang indah. Namun, untuk beli kamera yang harganya sampai ratusan juta kayaknya masih sangat sangat berat. Disamping itu, dananya juga belum ada. Prinsipku adalah ketika kewajiban sudah tertunaikan, maka memanjakan diri adalah keharusan. Lihat dulu shadaqoh bulan ini berapa? Udah bayar zakat atau belum? Mau hari raya qur’ban, udah siap bayar belum? Investasi bulanan sudah dibayar belum? Duh, jadi ingat kalau kewajiban ini sudah tertunda beberapa lama >_<
So, bijak lah dalam menjalankan hobby. Jangan sampai kewajiban utama malah tertinggal πŸ™‚

Advertisements

2 thoughts on “Hobby

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s