17 Agustus

Ketika zaman SD-SMP-SMA, tanggal 17 Agustus selalu dirayakan dengan upacara bendera di lapangan kota. Ingat betul bagaimana perjuangan pagi-pagi berangkat ke lapangan dengan seragam lengkap. Baju putih, celana disesuaikan dengan jenjang pendidikan, dasi, topi, sepatu hitam, dan kaos kaki putih. Tidak boleh datang terlambat atau kalau tidak, pasti dihukum. Ketika upacara pun selalu dikontrol oleh guru agar tidak bicara dan berisik. Seperti biasa, kayaknya aku masuk dalam kategori yang mungkin kadang-kadang berisik. Semua itu dijalani hinggal aku lulus SMA.

Selalu ada rasa senang ketika 17 Agustus walaupun aku tidak begitu suka upacara. Metabolisme tubuh yang cepat berkeringat dari orang kebanyakan membuatku kadang malas upacara. Baju basah. Keringat bercucuran. Dilain hal, aku measa senang karena setiap tanggal 17 Agustus, orang-orang merayakan ulang tahunku secara tidak langsung. Ya, aku lahir tepat 17 Agustus, tepat di hari kemerdekaan bangsa Indonesia.

Walaupun aku tidak memahami dengan sebenar-benarnya apa makna merdeka, tapi aku bersyukur bisa terlahir di Indonesia dan denga keluarga seperti inii. Semoga selalu bisa bersyukur dalam kondisi apapun. Ada yang bilang ulang tahun adalah hari istimewa dan ada yang bilang biasa saja. Terserah apapun dan bagaimanapun orang memaknainya. Yang jelas, kalau berdasarkan kalender masehi, umurku sudah bertambah jumlahnya dan sisa hidupku menjadi berkurang karenanya.

Memaknai hari lahir seharusnya bisa menjadi cerminan diri apakah sudah menjadi lebih baik dari kondisi tahun lalu. Momentum beruntun, baru selesai Idul Fitri dan sekarang ulang tahun, harusnya menjadi fase untuk terus mengevaluasi produktivitas dan manfaat pribadi untuk orang lain. Pekerjaan belum selesai, baik kerja pribadi maupun kerja ummat. Ya kan?

Simple. Aku ingin lebih baik dari aku yang berumur 24 tahun. Tidak perlu lah melakukan komparasi dengan orang lain. Pencapaian orang lain bisa jadi sangat berbeda jauh. Cambuk diri sendiri agar lebih baik dari pribadi lalu. Bukan begitu?

Aku mengadu dan merengek kepada penguasa langit dan bumi, mimpiku sederhana di tahun ini. Berikan kekuatan, lindungan, rezeki halal dan mudah, kesabaran, ketabahan, kebesaran hati, hidayah kepada hamba dan keluarga. Kurang specific? Hehehe… yang specifik biar jadi rahasia.

Tahun lalu ada yang membawakan kue, thanks to Ninuk, Tina, dan Fahmi. Tahun ini kayaknya harus beli sendiri 😛

Alhamdulillah, agenda pribadi sudah dibuat. Alhamdulillah do’a dari keluarga dan orang-orang dekat sudah diperoleh. Tidak boleh merasa ga bahagia di hari yang special ini. Happy Independence Day Indonesia, Happy birthday for me! 😀

Love you my family!!!

Do’a dari adik:

“Kakak Tom. Selamat ulang  tahun kak. Semoga panjang umur. Sehat selalu. Semoga diberi rahmat sama Allah. Semoga menjadi anak yang dibanggakan keluarga. Jadi anak soleh. Ditingkatkan imannya. Aamiin,

Do’a dari mama:

“Tom. Tom.  Selamat ultah, semoga panjang umur. Sehat selalu. Dimudahkan rezekinya, ditingkatkan imannya, jadi anak soleh, berguna bagi keluarga. Aamin ya robbal alamiin.

Advertisements

4 thoughts on “17 Agustus

  1. risna rahma says:

    Do’a dari mba risna

    “Thom. Selamat ulang tahun yaa. Semoga panjang umur. Sehat selalu. Semoga diberi rahmat sama Allah. Semoga menjadi anak yang dibanggakan keluarga. Jadi anak soleh. Ditingkatkan imannya. Aamiin” (template :p)

    Sukses dunia akhirat ya, dan semakin berkah usianya

    btw, oleh2ku dari jepang kok blom nyampe2?

  2. thom loe kapan hari ultah ya. gaya! 17 agustus! hari di mana dulu Leo II diangkat jadi paus ke-80 menggantikan paus Agatho.

    selamat ya thom. pertanda loe kudu lebih relijius. 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s