Keliling Korea

Hampir dua tahun lalu pertama kalinya gw menginjakkan kaki di Korea. Negeri romantis bagi para pecinta. Dulu ketika jadi mahasiswa, ada satu alasan klise untuk bisa jalan-jalan; Duit. Sekarang ketika jadi pekerja, harusnya alasan duit bukan menjadi nomor satu lagi. Yah, minimal mengalami perbaikan dari taraf hidup mahasiswa. Status pekerja ini menjadikan gue membuat sebuah mimpi baru: keliling Korea. Yeap, traveling around Korea. Kalau bisa keliling seluruh lokasi di Korea dalam waktu satu tahun ke depan.

Mari kita list kota apa saja yang sudah pernah gue kunjungin dalam 2 tahun ini: Seoul, Busan, Jinhae, Andong, Gyeonju, Gwangju, Daegu, Daejeon, Gyeongsan, Cheonan. Fyuuhh… Baru sedikit rupanya. Masih banyak lagi kota-kota yang belum di kunjungi.

Setelah dipikir-pikir, budget tetap jadi perhitungan ๐Ÿ˜† Tentu saja sebagai manusia yang beriman dan bertakwa, gue ga bisa ngabisin duit dengan cara yang boros. Hal ini harus diperhitungkan benar-benar. Misalnya kalau target sebulan 2x jalan, berarti setahun 24 kali jalan. Nah, 2x dalam sebulan ini ga boleh lokasi yang jauh-jauh banget dari tempat tinggal. Maksimal yang paling jauh itu 40,000 KRW return. Yang dekat maksimal 20,000 return. Jadi kalau ditotal, sebulan expense buat transportasinya 60,000. Tempat nginap dan makan bisa dipikir belakang. Asal ga naik taksi aja sebenarnya bisa murah. Kalau misalnya 100,000 budget sebulan untuk jalan-jalan kayaknya ga begitu berat juga. hehehe.. Semoga deh bisa tercapai. Good luck masbroh! ๐Ÿ˜€

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s