Workplace 1

Satu hari menjelang bulan Ramadlan, si boss yang tulen orang Korean dan ga tau agamanya apaan bilang mau ngerayain mulainya puasa gw dengan makan-makan sekantor. Ga usah dibayangin kantor gw segede gaban, bertingkat-tingkat, dan terletak di kompleks perkantoran. Bukan, kantor gw ga gitu. Kantor ini cuman 1 lantai dari bangunan bertingkat 6 di pinggir jalan dekat Yuseong (Daejeon) Terminal. Kantor yang kecil. Kalau dicari di google, kayaknya ga bakal nemu deh nama kantor gw ini apaan. Namun alhamdulillah, kalau nyari lokasi kantor lewat naver, si naver masih bisa menemukannya. :))

Kantor kecil ini sepertinya perusahaan keluarga. Sekali lagi, ga kayak perusahaan keluarga Bakrie yang disana-sini ada, ini perusahaan keluarga suami dan istri. Soalnya si ibu boss hampir tiap hari datang ke kampus dan entah main komputer atau apa di ruangan suaminya. Nama perusahaannya Pangaea Solutions, ingat, ini bukan yang di Oz ya 🙂

Biar lebih kebayang, mari gw jelasin sedikit tentang kompisisi karyawan kantor ini.

  • Web developer: seorang nuna mungkin hampir 30 tahunan.
  • Graphic designer: seorang nuna atau hampir seumuran. Sering naik sepeda ke kantor. Gw menyukai sepedanya yang keliatan mahal. Ini nunanya duduk di belakang gw. Sering pakai baju yang pendek-pendek @_@
  • Game developer: ceritanya si mas ini umurnya 30 lebih. Sepupunya si bos.
  • iOS developer: gw panggil gendut. Belum tau gimana hasil program dia. Udah kerja sama bos 3 tahun ini.
  • Android developer: si suara lucu. Baru kerja 7 bulan.
  • Team leader: gw panggil dia kaki tangan. Dia ini 5 tahun kerja ama bos. umurnya 30 tahun.
  • Hardware and software developer: gw dan eddy. Baru kerja beberapa minggu dan belum ada hasil yang signifikan.

Kalau ngeliat struktur karyawannya, hampir semua project di handle sama 1 orang. Kebayang ribetnya. Tapi serunya, ini bisa jadi bahan belajar buat gw untuk masa depan. Tetap ada keinginan di lubuk hatiku gw terdalam untuk mendirikan perusahaan IT sendiri di Indonesia. Bidang yang gw bahas saat ini yaitu tentang ISA100a dan WirelessHART. Lumayan baru lah bidang ini dan di Indonesia masih jarang banget dibahas. Ada kesempatan untuk berkembang lebih jauh. So, manfaatkan kesempatan di kantor ini dengan baik. Maksimalkan potensi diri. Do my best dan rajin ya, Thom! Hwaiting 🙂

Leave a Reply

