Trans Siberian Tanpa Ikut Tour (copy-paste)

Sebagai bahan motivasi dan pengingat kalau gw punya ini dalam dream list gw ^___^

Diambil dari https://www.facebook.com/groups/128092889677/doc/10151504643309678/

Perjalanan Singapore – China – Russia – Singapore.

waktu: 21 Sept 2012 – 6 Oct 2012 *untuk acuan harga tiket, hostel dan currency exchange 1 USD = 30.75 Rubble = 1.2 SGDVISA.Saya urus visa China dan Russia di Singapore.

Silahkan cek website masing-masing kedutaan untuk syarat-syaratnya *soalnya syarat kadang diganti.

Visa China dulu perlu bukti booking hostel/ hotel, kemarin ini tidak perlu. Biaya untuk WNI 75 SGD lama proses 5 hari kerja. Saya pakai jasa travel agent karena tidak ada waktu untuk ijin dari kantor.

Visa Russia yg paling penting adalah Invitation Letter dan Tourist Voucher dari instansi yg terdaftar di Departemen Pariwisata-nya Russia. Saya beli surat ini di www.visatorussia.com bayar 30 USD proses 1 hari kerja. Surat di kirim via email. Kalo kedutaan minta yg asli bisa juga minta dikirim via pos.Biaya visa untuk WNI 91 SGD.

TIKET.

Singapore – Beijing (air plane) : Jetstar 210 SGD

Beijing – Irkutsk (train hard sleeper) : 451 USD beli di www.chinatraveldesigner.com (dpt e-ticket yg harus ditukar dng ticket asli di kantor CITS di Beijing)

Irkutsk – Olkhon Island (car) : 600 Rubble (langsung naik di terminal)

Olkhon Island – Irkutsk (car) : 650 Rubble (booking lewat guesthouse)

Irkutsk – Kazan (train 3rd class) : 4026 Rubble (booking lewat www.rzd.ru)

Kazan – Nishny Novgorod (train 2nd class) : 805 Rubble (www.rzd.ru)

Nishny Novgorod – Vladimir (Sapsan/ fast train seat only) : 855 Rubble (www.rzd.ru)

Vladimir – Suzdal (bus) : 74 Rubble

Suzdal – Vladimir (bus) : 74 Rubble

Vladimir – Moscow (Sapsan seat only) : 731 Rubble

Moscow – Singapore (air plane) : Srilankan Airlines 478 USD

HOSTEL.

Beijing: Sunrise Hostel Tian An Men. 9 USD/ malam

Irkutsk: Trans Sib Hostel. 500 Rubble/ malam

Olkhon Island: Nikita’s guesthouse. 950 Rubble/ malam/ per orang. harga termasuk makan 3 kali sehari

Kazan: Gorky 6 Hostel. 450 Rubble/ malam

Nishny Novgorod dan Vladimir: –

Suzdal: Godzillas Suzdal. 650 Rubble/ malam

Moscow: Napoleon hostel – HIGHLY NOT RECOMMENDED! 500 Rubble/ malam              Apple hostel – HIGHLY RECOMMENDED! 600 Rubble/ malam

MAKANAN DAN ETC.

Soal ini saya tidak ala backpacker karena travel buddy saya HARUS makan 3 kali sehari selain itu harga makanan di Russia relatif lebih murah dari pada di Singapore. Saya tiap hari ‘makan ala backpacker’ di Singapore jadi waktu di Russia sedikit foya-foya 🙂

Snack, susu, roti, buah harganya hampir sama dengan di Singapore yg saya yakin sama juga dengan di Jakarta.

Ekskursi di Olkhon Island: 600 Rubble. HIGHLY RECOMMENDED! WORTH EVERY PENNY.

Souvenir boneka kayu Matryoska yg paling kecil 180 Rubble. isi 2 (jadi 3 sama induknya). yg gedean kira-kira tinggi 10cm harganya 350 Rubble. isi 4 (5 sama induknya). Harga tergantung design dan finishing juga.

Saya suka beli souvenir sendok kecil soalnya ringkes. di Kazan ada jalan yang terkenal namanya Baumana Street.

Sendok kecil disitu harganya 100 Rublle.

HAL PENTING.

1. Kartu imigrasi jangan sampai hilang karena perlu untuk registrasi visa dan untuk bisa keluar dari Russia.

2. Registrasi visa. cari info di internet tentang aturan terbaru. Saya registrasi di Olkhon Island bayar 250 Rubble.

3. Sebelum masuk Russia bawa Rubble walo sedikit apalagi kalau masuknya tidak lewat airport di kota besar (kayak saya terlunta-lunta dan harus puasa).

4. BRING YOUR BEST OF THE BEST CAMERA. kalo punya SLR dan lensa tele… BAWA! atau anda akan menyesal (seperti saya).

5. Sediakan memory card dan battery camera cadangan.

6. Jangan sampai salah kostum. Sering-sering cek prakiraan cuaca.

7. Cek info terbaru tentang transportasi khususnya kalau mau ke Olkhon Island menjelang dan akhir musim dingin karena pulau ini terisolasi setidaknya selama 2 minggu ketika es mulai membeku dan mencair.

All in biaya perjalanan saya ini sekitar 17 juta rupiah.

*tulisan ini akan saya update kalau ingat ada hal penting yg perlu ditambahkan. kalau ada teman-teman yg mau menambahkan info silahkan ya… 🙂

Leave a Reply

