Common Questions

Sejak masih kuliah sampai sudah sidang inipun banyak banget yang nanya pertanyaan yang sama, diantaranya:

  • Kapan balik Thom?
  • Kerja disana atau balik ke Indonesia?
  • Kapan nikah?

Ga terganggu juga sih dengan pertanyaan yang sama, cuman kadang-kadang malas jawab juga ada. Normal kali ya. Pertanyaan yang dengan mantap bisa gw jawab cuman 2 teratas, sedangkan yang terakhir belum tau kapan ya. Jadi mohon sabar aja.

Alhamdulillah gw udah dapat kerja, belom signing contract sih, masih ngomong-ngomong doang. Tapi ya gw udah ngerjain beberapa tugas untuk develop board. Cita-cita gw untuk terjun di bidang telco sepertinya mulai tergerus. Gw berpikir dangkal, jika jadi engineer telco maka gw susah kaya. 😆 Permasalahannya adalah gw pengen terjun bisnis IT convergence. Bidang embedded system dan kawan-kawannya sangat menggoda untuk dipelajari. Therefore, perusahaan yang gw akan masuki adalah perusahaan start-up yang akan develop ISA 100a dan Wireless HART. Daebak. Gw risetnya tentang MIMO dan cellular planning. Sekarang disuruh ngerjain embedded system gitu. Alamak! Puyeng yet interesting sih.

Awalnya gw dapat tawaran kerja di perusahaan yang bergerak di bidang preventing disaster. Intinya si company develop sensor system untuk detecting tanah longsor. Nah, guessing kalau gw lebih cocok ke si ISA 100a ini. Alhasil gw membelot ke perusahaan yang sekarang. Perusahaannya masih kecil. Offernya juga secara lisan nampak biasa. Bisa jadi banyak yang ga mau nerima ini untuk ukuran master degree. But well, gw butuh kerja dan money. Disamping itu, gw melihat bidang ini akan berkembang pesat beberapa tahun ke depan. Dengan begitu, ini adalah gold ticket gw buat belajar business dan technical things secara bersamaan. Gw tertarik dengan etika business di Korea ini yang notabene bidang IT nya sangat sangat berkembang. Kalau gw bisa mempelajari hardware dan software ini dengan baik, maka bukan ga mungkin kalau gw someday bikin perusahaan IT sendiri di Indonesia. Target gw mungkin 1 tahun bekerja di perusahaan ini. Setelah itu gw akan mengincar perusahaan yang lebih besar sebelum melanjutkan PhD program. Jika bekerja di perusahaan yang gede, biasanya niat untuk lanjut sekolah itu menjadi berkurang. Ini nih yang bikin gw ga kepengen kerja di perusahaan gede. Terlalu sayang untuk dilepaskan. Yeap, I am greedy and sok idealis emang untuk hal itu.

Selamat buat gw yang akan segera bekerja, ga sabar pengen terjun ke dunia professional. Hey world, I am cooooming!

Leave a Reply

