Sikap Relatif

Dalam menghadapi masalah, setiap individu bisa memberikan tindakan yang relatif. Wajar. Sungguh merupakan hal yang sangat wajar. Termasuk sikap ketika menghadapi sebuah sistem yang di dalamnya terdapat sesuatu yang salah. Gw ilustrasikan sebagai berikut

Jika dalam sebuah sistem kita melihat ada sesuatu yang jelas salah, apakah kita berdiam diri dan membiarkannya?

Yeap, ada yang memang mengambil sikap berdiam diri dan membiarkannya begitu saja. Ada pula yang berusaha melawan dan memperbaiki sistem tersebut. Penentuan sikap atas sebuah persoalan diatas tentunya membutuhkan berbagai pertimbangan untung-rugi, keadaan saat ini dan nanti, dan banyak hal lainnya. Semua itu tergantung, misalnya siapa saja yang ada di dalam sistem, apa posisi kita dalam sistem, sebesar apa sistem tersebut, apa saja resiko yang diambil jika merubah sistem, bagaimana respon pihak luar terhadap tindakan kita, dsb. Banyak. Semakin besar sistemnya, semakin banyak pula pertimbangannya.

Lalu apa jawabannya?

Gw pribadi bersikap opportunis, jika sistem itu menyangkut diri gw, maka akan gw usahakan untuk menyuarakan perubahan. Resiko? Honestly, gw ga akan membabi buta untuk bertarung tanpa senjata. Lihat keadaan, apa yang gw miliki, dan apa yang bisa gw usahakan. Saat ini gw terjebak dalam sebuah sistem yang gw-tidak-puas-dan-tidak-rela-untuk-membiarkan-ini-terus-berlangsung. Hence, gw berusaha untuk menyuarakan perubahan. Bagaimana tanggapan orang sekitar? Entahlah. Jika gw berjuang sendiri dan tidak mendapat support yang lain juga akan berbahaya. Disini gw mulai berpikir strategi bagaimana cara terbaik agar tidak berontak secara frontal. Bagaimanapun juga, sistem yang salah ini harus diperbaiki perlahan-lahan. Untuk siapa? Gw sebentar lagi akan keluar dari sistem ini kok, buat apa gw repot-repot. Yeap, tapi gw memiliki tanggung jawab moral untuk itu. Ada orang yang merasa ya sudah lah, yang penting selamat dulu. Namun, gw pribadi ga bisa gitu. Kedzaliman harus dihentikan bagaimanapun caranya tapi dengan mengambil resiko yang kecil :p Gw belum cukup berani untuk bertarung frontal mengingat power yang gw miliki sangat kecil atau hampir tidak ada đŸ˜€

Leave a Reply

