Sisi

Menelaah ruh dalam diri yang terkikis perlahan dalam menjalani hidup sesuai dengan kehendakNya. Mulai tak berpola. Ibarat lukisan, maka sudah pasti bahwa diri ini terlukis abstrak. Ibarat garis, maka diri ini akan membetuk garis berbelok-belok tanpa pola. Pun jika tujuannya adalah 0 derajat ke atas, maka diri ini, aku si pelaku, mulai membuat arah tujuan 0 derajat ke bawah. Aku menjauh dari tujuan.

Aku, si pelaku, menulis ini bukan untuk memperumit diri sendiri. Ada banyak sisi jika dilihat. Manusia pun memiliki variasi sikap yang berbeda. Begitu pula diriku. Aku berbeda. Menyadari, merasakan, dan membuktikan bahwa sikap dan pikiran sudah sangat jauh dari prinsip. Kalah kah? Kalah dengan lingkungan dan suasana. Terbuai dan mulai terhipnotis arus dunia.

Seyogyanya sebagai manusia yang “harus” sadar akan prinsip sekali untuk selamanya maka tidak akan rela jika mengabaikan waktu dengan percuma. Rugi. Sungguh termasuk golongan yang merugi. Melalaikan kewajiban, menyepelekan keharusan, dan memudahkan sesuatu yang pada dasarnya sudah mudah. Kali ini tidak untuk mengutuk diri, karena Alhamdulillah masih diberikan kesadaran bahwa “ini salah” maka perbaiki lah diri segera. Bukan hanya sekadar ucapan, tapi buktikan dengan perbuatan. Kapan waktu kita mati? Tidak tahu, Menohok. Pertanyaan yang selalu membuat bungkam. Berapa besar shodaqoh yang dikelaurkan jika dibandingkan dengan harga pakaian yang dibeli, biaya-biaya kesenangan yang lain? Sulit. Pertanyaan yang sulit. Maka mulai hari ini, kembali lah pada tujuan awal. Kembali lah pada jalur, arah, dan garis yang seharusnya. Bukan untuk memaksa diri, bukan untuk menentang diri, bukan untuk tidak membuat nyaman, karena sesungguhnya diri kita sendiri mengetahui batas-batas wajar yang tidak boleh dilanggar, karena diri kita sendiri memiliki akal untuk berpikir menuruti aturan yang DIA buat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s