Nerbitin Buku

Entah dari kapan obsesi menjadi penulis mendarah daging di diri gw. Hari ini cita-cita itu kembali menggelora. Gw paham betul kalau kemampuan gw masih cetek. Jangankan nulis buku, nulis paper yang cuman kadang isinya 4 lembar adalah suatu yang sulit buat gw. Tapi kan nulis paper sama nulis buku ini memiliki cerita yang berbeda! Gw coba menyakinkan diri gw.

Image

Sebenarnya gw ga mau muluk-muluk. Pertama, gw bukan penulis professional yang hidupnya tergantung dari tulisan. Kalau gw survey, para penulis professional itu bisa sampai berhari-hari mendesain tulisannya, semalaman suntuk begandang untuk menjaga mood menulisnya dan keutuhan ceritanya. Gw? Gw ga bisa begitu sekarang. Gw masih berasa sebagai engineer tulen. Kedua, sebenarnya masih terkait hal pertama. Gw mesti melakukan riset gw. Kalau ga, gw akan sulit lulus dan terancam dideportasi secara tidak gratis ke negara asal. Dan gw ga mau hal itu terjadi sama gw. Ketiga, ada banyak orang yang membuat target untuk menulis setiap hari minimal 1 artikel. Gw juga udah berulang kali berjanji dengan diri gw untuk melakukan hal sama namun loe bisa liat hasilnya. NIHIL. Gw belum bisa sampai tahap itu. Liat aja daftar tulisan gw, gw ga nulis sama sekali di bulan Feb. Bukan berarti gw ga nulis sih, cuman gw ga publish tulisan itu di blog ini sehingga hal tsb mengganggu flow blog gw.

Dengan segala pertimbangan, gw masih tetap ingin menerbitkan buku atas nama gw sendiri. Gw lagi mencari-cari partner dalam menulis. Pernah terbersit menulis cerita tentang 4 sekawan yang menyukai kopi dengan latar belakang berbeda. Minimal gw yang paling berbeda karena berasal dari engineering dan yang lain dari pendidikan. Namun, apa yang kami tempuh saat ini sungguh sangat berbeda. 4 orang dengan jalan hidupnya masing-masing dan karakternya masing-masing. Gw jadi mewujudkan ceritanya.

Nah, tema yang paling realistis buat gw adalah buku mengenai ke-Korea-an. Gw lagi punya ide membahas tentang ini. Mudah-mudahan bisa rampung dalam 6 bulan ke depan. Kelamaan ga ya? Apa 3 bulan aja? Lihat aja deh realisasinya bagaimana 🙂

안냥!!

2 thoughts on “Nerbitin Buku

    1. thomhertsiadari says:

      aku udah blogroll deh.. cuman ga muncul aja. aku masih belum sempet ngutak atik supaya semua namanya muncul 😀

Leave a Reply

