Wanita Itu

Siapa yang bisa menebak hari esok, bahkan sedetik kemudian pun tak ada yang tau apa yang akan terjadi. Aku teringat tentang cerita seorang teman, seorang sahabat yang sangat dekat. Tentang keluarganya.

Aku kembali memikirkan bagaimana perasaan seorang wanita 44 tahun ditinggalkan oleh suaminya karena wanita lain. Dia kini sendiri. Ada banyak faktor memang, aku tak bisa menyalahkan suaminya tersebut 100% karena pasti sang isteri juga mengambil peranan dalam kejadian ini. Aku memikirkan bagaimana dia hidup sehari-hari, berdua dengan anak perempuannya yang berusia 12 tahun. Wanita ini mempunyai 3 orang anak. Anak pertama tinggal bersama suaminya di kota yang berbeda. Anak kedua sedang menempuh pendidikannya di luar negeri. Mereka hanya berkomunikasi lewat telpon atau sms atau YM. Aku merasa iba, bagaimana tidak. Wanita itu tidak bekerja sehingga tak ada penghasilan. Selama hampir 8 bulan ini dia mendapatkan uang dengan menjual harta yang tersisa. Pengeluaran per bulannya cukup besar. Harus bayar cicilan rumah, listrik, sepeda motor, air, dan makan sehari-hari. Lebih daripada itu, aku iba dengan kesendiriannya. Membayangkan hari-hari yang dilewati, membayangkan malam-malamnya yang sendiri. Apakah ia selalu menangis di malam hari? Bagaimana sesungguhnya perasaannya?
Aku termenung. Bagaimana kalau wanita itu ibuku? Bagaimana perasaanku? Sedih.
Di usianya yang beranjak tua, dengan cobaan seberat ini. Aku salut dengan kesabarannya.
Dia menahan luka hati yang sungguh besar. Seperti badai siang hari.
Dia sendiri. Aku terbayang kesendiriannya. Aku merasa sakit hatinya.
Wahai Engkau wanita berhati baja, tabahkan hatimu. Aku panjatkan do’a pada Tuhan Semesta Alam agar selalu menjagamu. Aku berdo’a agar airmatamu menjadi penggugur dosamu, penguat kesabaranmu. Aku berdo’a untuk setiap jerih payahmu diganjar olehNya dengan kelipatan pahala. Bertahan demi anak-anakmu. Bertahan karena kekuatanmu. Bertahan, karena Allah selalu ada untukmu.

Leave a Reply

